Friday, November 2, 2012

FOTO Peringatan Hari Kematian di Meksiko


Share to:
Seorang wanita berpakaian zombi
Reuters/ Hennry Romero

Hari kematian. Sebagian orang mungkin seram mendengarnya. Namun tidak bagi sebagian besar orang di Meksiko. Di negara itu, hari kematian justru diperingati secara rutin oleh warga. Peringatan Hari Kematian ini digelar setiap tanggal 28 Oktober hingga 2 November.

Namun, tak ada nuansa sedih atau muram dalam peringatan Hari Kematian di Meksiko ini. Warga di sana justru memperingatinya dengan kemeriahan dan penuh warna. Peringatan ini dimaksudkan untuk menghormati para pendahulu mereka.

Dalam peringatan Hari Kematian ini, orang-orang Meksiko akan mengunjungi kuburan dan menghiasnya. Mereka juga berdiam sejenak di makam kerabat itu. Tak hanya di pemakaman, warga Meksiko biasanya juga membuat altar dengan hiasan rumit di dalam rumah untuk menyambut roh-roh keluarga. Selain itu, barbagai hiasan tengkorak dengan warna-warna cerah juga mudah dijumpai dalam perayaan Hari Kematian ini.

Peringatan Hari Kematian ini sudah dilakukan sebelum penaklukan Spanyol. Masyarakat lokal percaya bahwa sehari dalam setahun roh-roh orang meninggal akan kembali ke bumi. Mereka percaya bahwa roh bayi dan anak-anak yang telah meninggal atau disebut malaikat kecil tiba pada 31 Oktober, saat tengah malam untuk menghabiskan waktu bersama keluarga lalu kemudian pergi. Sementara orang dewasa datang pada hari berikutnya. Sumber.



Seni menyusun tengkorak di altar di Universitas Nasional Meksiko
Reuters/ Hennry Romero


Pengunjung menyaksikan seni menyusun tengkorak
di Universitas Nasional Meksiko
Reuters/ Hennry Romero


Warga Meksiko kunjungi pemakaman kerabat
Reuters/ Oswaldo Rivas


Warga ikut Parade of Soul di Kota Merida Meksiko
Reuters/ Francisco Martin


Sejumlah perempuan di Meksiko berbusana ala Tengkorak La 'Catrina'
Reuters/Henry Romero

Seni menrangkai dan menghias tengkorak
Reuters/ Henry Romero
Seorang pria mengendarai kendaraaan roda tiga
membawa replika kerangka manusia
Reuters/ Henry Romero

No comments:

Post a Comment